pengertian Sistem Operasi dan Cara Kerja Sistem Operasi

Apa itu SISTEM OPERASI ?
SISTEM OPERASI (operating system, OS/SO) merupakan perangkat lunak untuk mengelolah semua sumber daya yang ada pada sebuah computer dan berperan sebagai penyedia layanan guna memudahkan pengguna dalam mengoperasikan computer dan memberikan kenyamanan dalam penggunaannya

Bagaimana cara kerja  SISTEM OPERASI ?
Dalam sebuah computer, karnel merupakan komponen inti dari system operasi yang berjalan dalam perangkat tersebut. Kernel berfungsi untuk mengatur pembagian sumber daya system komunikasi antara komponen handware dan software karena kernel menghubungkan antara software aplikasi dan handware computer. Ia menyediakan abstraction layer pada level terendah untuk regurace resure seperti memori, prosesor, dan perangkat input/output dimana suatu software aplikasi harus mengontrol resure resure tersebut agar dapat berfungsi. Kernel mampu menyediakan fasilitas seperti proses proses aplikasi melalui mekanisme IPC (Inter Process Commoncation) dan system call.
Tujuan utama dari adanya kernel adalah untuk mengatur pembagian sumber daya program mana yang boleh mengakses dan menggunakan sumber daya tersebut. Pada umumnya sumber daya tersebut adalah CPU, Memori dan perangkat input/output.

Apa peran/Fungsi dari SISTEM OPERASI ?
Sebagai kernel : Program yang secara terus menerus berjalan (running) selama computer berjalan
Sebagai guardian : menyediakan control akses yang melindungi file dan memberikan pengawasan kapada proses  pembaca, penulis atau akses data dan program.
Sebagai optimizer : mengidentifikasi perangkat computer sehingga nyaman dioperasikan oleh pengguna, mengjadwalkan input, pengguna, pengaksesan basis data, proses komunikasi dan pengeluaran (output0 untuk meningkatkan kegunaa.
Sebagai coordinator : menyediakan fasilitas hingga aktivitas yang kompleks dapat diatur untuk dikerjakan dalam urutan yang telah disusun sebelumnya.
Sebagai program pengontrol : program yang digunakan untuk mengontrol  program aplikasi lainnya
Sebagai server : untuk menyediakan layanan yang sering dibutuhkan pengguna baik secara eksplitif mauoun inplitif seperti mekanisme akses file, fasilitas interrupt.
Sebagai accountant : mengatur CPU time pengguna memori, pemanggilan perangkat input/output disk strorage dan waktu koneksi terminal.
Sebagai interface : yang menjembatani pengguna dengan perangkat keras, menyediakan lingkungan yang bersahabat dan user friendly sehingga pengguna tidak dirumitkan oleh bahasa mesin / perangkat level  bawah
Sebagai resource management : pengelolah seluruh sumber daya computer.    
Sebagai virtual machine : mengelolah layanan seperti menyembunyikan kompleksitas pemrograman dan menyajikan fasilitas yang lebih mudah untuk menggunakan handware.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "pengertian Sistem Operasi dan Cara Kerja Sistem Operasi"

Hallo guys, terimakasih telah berkunjung diblog saya.
Silakan berikan komentar anda dengan memperhatikan peraturan ini.
1. Berkomentar yang relevan
2. Menggunakan bahasa yang dapat dimengerti dan sopan santun
3. Berkomentar sesuai materi yang dibahas.
4. Dilarang keras komentar yang berbau SARA, PORNOGRAFI, PELECEHAN DAN KEKERASAN
4. Dilarang untuk SPAM.
Terimakasih sekali lagi.
Jessy Chrystin